Saturday 27 July 2013

Brownies Kukus Isi Keju

Bahan :
5 btr Telur (2 Putih telur)
125 gr Gula halus
1/4 sdt Garam
1 sdm Sp
80 gr Tepung terigu
25 gr Coklat bubuk
Bahan 2:
90 ml Minyak sayur
50 gr Milk Cooking chocolate, lelehkan
1 bgks susu kental manis rasa coklatIsi Keju:
65 gr White cooking chocolate, lelehkan
100 gr Cream cheese
1 btr Telur
30 gr Tepung terigu

Cara Membuat:
  1. Campur jadi satu semua bahan 1 kecuali tepung terigu dan coklat bubuk, kocok dengan mixer sampai kental dan mengembang.
  2. Aduk jadi 1 adonan bahan 2, tiriskan sebentar. Kemudian tuang kedalam bahan 1, aduk rata. Lalu masukkan coklat bubuk dan tepung terigu. Aduk rata.
  3. Bagi adonan menjadi 2, sisihkan.
  4. Adonan keju dicampur jadi 1, kocok sebentar hingga tercampur rata. bagi adonan menjadi 2, kemudian masukkan kedalam pepping bag (plastik segitiga).
  5. Tuang 1 bagian adonan coklat kedalam loyang bundar 18x20 cm. Ratakan.
  6. Semprot sedikit demi sedikit satu bagian adonan keju kedalam adonan coklat sehingga membentuk bintik-bintik besar yang melingkari loyang. Beri jarak dari 1 bintik ke bintik lain.
  7. Kukus selama 20 menit. Kukusan harus sudah panas dan beruap banyak. Tutup dandang harus dilapisi kain supaya air tidak menetes pada kue.
  8. Setelah 20 menit, tuang lagi sisa adonan coklat, ratakan dan semprot lagi dengan adonan keju yang kedua dengan membentuk bintik-bintik yang mengelilingi loyang.
  9. Kukus lagi selama 20 menit.
  10. Sebelum diangkat tusuk dengan lidi, untuk memastikan kue sudah matang.
  11. Sajikan hangat-hangat.
NB: ada baiknya saat mengukus tiap 7 menit tutup dandang dibuka untuk membuang sebagian uap air yang telah menempel agar kue tidak ketetesan uap air yang menempel pada kain di tutup dandang dan apabila kain penutupnya sudah basah ada baiknya mengganti dengan yang kering untuk meminimalkan jatuhnya air ke dalam adonan kue.

No comments:

Post a Comment