Tuesday 30 July 2013

PUDING TOFU JERUK

Susu kedelai yang dijadikan puding dan dikombinasikan dengan segarnya buah jeruk manis bisa menjadi pilihan dessert yang pas. Cetak dalam cup-cup kecil yang cantik agar lebih mudah menikmatinya.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

Bahan I:
400 ml susu kedelai 
1/2 bungkus agar-agar bubuk warna putih 
1/2 sendok teh jeli bubuk 
1/4 sendok teh garam 
75 gram gula pasir 
1/2 sendok teh esens jeruk 
4 tetes pewarna kuning 
1/4 sendok teh pasta cokelat 
Bahan II :
350 ml air 
50 gram gula pasir 
1/2 bungkus jeli bubuk 
2 buah jeruk manis, dikupas, dibersihkan


Cara membuat :
  1. Bahan I, rebus susu kedelai, agar-agar bubuk, jeli bubuk, garam, dan gula sambil diaduk hingga mendidih. Bagi menjadi 2 bagian.
  2. Satu bagian ditambahkan  esens jeruk dan pewarna kuning. Aduk rata. Satu bagian lagi ditambahkan   pasta cokelat. Aduk rata.
  3. Tuang setengah bagian adonan puding kuning ke dalam 2 buah cup bervolume 300 ml hingga 1/3 tinggi cup. Lakukan hal yang sama untuk adonan puding cokelat. Biarkan setengah beku.
  4. Tuang setengah bagian adonan cokelat di atas puding kuning hingga 2/3 tinggi cup. Tuang adonan puding kuning di atas puding cokelat hingga 2/3 tinggi cup. Bekukan. Keluarkan puding dari cup. Belah 2 bagian.
  5. Letakkan kembali puding ke dalam cup secara berselang seling. Sisihkan.
  6. Bahan II, rebus air, gula, dan jeli bubuk  sambil diaduk hingga mendidih. Angkat.
  7. Tata jeruk manis di atas bahan I. Tuang sedikit bahan II di atas jeruk. Biarkan setengah beku. Siram dengan adonan bahan II hingga memenuhi cup. Biarkan sampai beku. Sajikan.


Untuk 4 buah

No comments:

Post a Comment