Wednesday 10 July 2013

Aneka Rainbow Cake


rainbow cake kukus

Berawal dari kisah seorang mahasiswa bernama Kaitlin Flanery asal Amerika Serikat berusia 21 tahun ingin memberikan sesuatu yang istimewa kepada sahabat karib yang dimilikinya, oleh karena itu dia membuat kue dengan kreasi sendiri yaitu kue berlapis dengan warna warni terlihat seperti pelangi (karena sahabatnya menyukai pelangi).

Setelah itu Kaitlin bersama sahabat dan juga teman-temannya yang lain mencoba untuk mencicipi kue pelangi tersebut, lalu mereka bercerita pada blog yang mereka miliki masing-masing akan kue pelangi yang dicicipinya itu dengan rasa yang enak dan lezat.

Pada bulan Maret 2012 Rainbow Cake - Kue Pelangi akhirnya tersebar dan sampai pada acara program televisi terkenal "The Martha Stewart Show", pada acara tersebut dikupas tuntas cara membuat kue pelangi tersebut oleh Kaitlin yang telah diundang untuk mendemokan cara pembuatannya. Dari sinilah Rainbow Cake semakin tersebar luas dengan cepat dan sampai di Indonesia belakangan ini. Jadi semakin ramai berita mengisi dunia online internet, dimana di dunia selebritis di hebohkan dengan peterpan berubah nama menjadi Noah Band diawali keluarnya Ariel dari sarangnya dan kalau di makanan khususnya Kue sedang ramai yaitu Rainbow Cake.
Kue Pelangi Rainbow Cake dengan tampilan dan rasanya yang enak membuat semakin banyak peminatnya. Pada Rainbow bisa dibuat 3 lapisan, 7 lapisan warna atau kreasi sendiri yang lebih menarik.

Bahan-bahan utama Rainbow Cake: 

Resep dan Cara Membuat Rainbow Cake
1. Siapkan 250 gr tepung terigu
2. Kemudian siapkan juga 350 gram gula pasir
3. 10 butir telur
4. 75 ml mentega yang dilelehkan
5. 1 sendok teh vanila bubuk
6. 1 sendok teh garam
7. 1 sendok teh emulsifier (Emulsifier atau zat pengemulsi adalah zat untuk membantu menjaga kestabilan emulsi serta membantu melembutkan campuran gula dan telur). Anda bisa menggunakan beberapa merk pengemulsi seperti ovalett, alfagell atau baking soda lainnya.
8. Jangan lupa juga sediakan macam-macam pewarna makanan merah, kuning, hijau, biru, ungu dan oranye dengan takaran secukupnya
 



Cara membuat rainbow cake

1. Pertama-tama kocok telur yang dicampur gula pasir hingga menjadi adonan yang halus. Kemudian tuang emulsifier perlahan-lahan taburkan vanili bubuk serta garam. Terus kocok adonan telur dan gula pasir tersebut hingga terlihat mengembang. Untuk bisa membuat adonan yang sempurna, anda membutuhkan sebuah mixer untuk mengaduknya.

2. Ambil beberapa sendok adonan kemudian tempatkan pada wadah kecil seperti mangkok atau piring, masukan mentega dan tepung terigu sedikit demi sedikit kemudian diaduk hingga tercampur rata dan sisihkan. Buat hingga menjadi 6 bagian adonan dengan macam-macam warna menggunakan pewarna makanan.

3. Gunakan loyang dengan ukuran diameter 24 cm. Kemudian kukus adonan selama kurang lebih 20-25 menit, angkat dan dinginkan.

4. Susun bolu kukus dengan warna yang diinginkan sesuai selera. Beri olesan Buttercream tipis-tipis (lihat pembuatan buttercream setelah pembuatan rainbow cake dibawah), tumpuk dan beri olesan buttercream.

5. Lapisi semua bagian luar bolu dengan buttercream hingga merata
Beri hiasan sebagai pemanis. Anda bisa menambahkan buah cherry, kismis atau strawberry atau gula-gula pada bagian topping-nya agar terlihat lebih cantik.

Khusus untuk Buttercream yang digunakan sebagai pembungkus rainbow cake agar lebih legit, lembut dan beraroma lemon, maka diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:


Bahan utama Buttercream yang digunakan untuk menghias Rainbow Cake

1. Siapkan 9 butir telur yang digunakan hanya putihnya saja
2. 350 gram gula pasir
3. 500 gram butter atau mentega tanpa garam
4. 2 sendok teh ekstrak jeruk nipis (lemon) atau air perasan jeruk.


Cara membuat Buttercream Rainbow Cake

1. Hal yang pertama kali anda lakukan adalah memasak putih telur serta gula yang dicampur didalam panci kecil dengan menggunakan api sedang. Kocok-kocok adonan hingga gula mencair. 
2. Setelah gula meleleh bersama putih telur dengan sempurna kemudian pindahkan ke mangkuk dan gunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi seperti foam atau busa.
 
3. Masukkan mentega sedikit demi sedikit dan aduk terus selama kurang lebih 10 menit hingga adonan tercampur dengan sempurna.
 
4. Agar adonan memiliki aroma yang segar, maka hal terakhir yang dilakukan adalah menambahkan ekstrak lemon atau air perasan lemon yang dituang perlahan-lahan sambil di aduk hingga merata.
 
5. Setelah merata, segera matikan mixer dan kini anda telah memiliki Buttercream yang bisa digunakan untuk menghias Rainbow Cake.


itulah resep dan cara membuat raibow cake kukus yang telah saya share buat anda para pecinta aneka makanan kue mudah mudah bisa membantu anda dan bermanfaat,selamat mencoba.



Rainbow Cake Kukus 
( Kue Pelangi Istimewa )


Bahan Rainbow Cake :
  • 200 gram tepung terigu
  • 300 gram gula pasir
  • 8 butir telur
  • 300 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt emulsifier
  • Pewarna makanan (merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu)
  • Buttercream Rainbow Cake
Cara Membuat Rainbow Cake :
  1. Menggunakan Mixer, Kocok 8 butir telur dan 300 gram gula pasir hingga tercampur rata dan halus. Lalu masukkan 1 sdt emulsifier, 1/2 sdt teh vanili bubuk dan 1/2 sdt garam. Kocok semua campuran hingga mengembang, setelah itu matikan mixer.
  2. Ambil sedikit adonan diatas lalu letakkan pada mangkuk kecil, campur dengan minyak goreng, aduk-aduk hingga tercampur rata, sisihkan.
  3. Masukkan 200 gram tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan campuran adonan yang telah diberi minyak, dan aduk hingga rata.
  5. Bagi adonan menjadi 6 bagian pada wadah yang berbeda, masing-masing bagian adonan beri pewarna makanan.
  6. Gunakan loyang ukuran 24 x 12 cm (atau sesuai keinginan), lapisi dengan kertas roti, beri olesan mentega tipis, baru tuang adonan ke dalamnya.
  7. Kukus adonan loyang selama 20 menit, angkat, dinginkan.
  8. Beri alas berupa kertas roti atau plastik lebar pada bagian bawah meja atau tempat yang Anda pakai untuk menyusun setiap adonan.
  9. Susun adonan dengan warna yang di inginkan sesuai selera. Beri olesan buttercream tipis pada setiap lapisannya.
  10. Bila sudah tersusun lalu tutupi semua bagian bolu dengan sisa buttercream.
  11. Untuk lebih menarik bisa diberi hiasan sesuka hati, misalnya ditambahkan strawberry diatasnya.
  12. Rainbow Cake Sudah Jadi dan siap di hidangkan dengan tampilan menarik dan rasanya pasti enak dan lezat pastinya.


Buttercream Rainbow Cake :

Bahan Buttercream :
  • 9 butir telur, diambil putihnya saja
  • 350 gram gula pasir
  • 500 gram butter/mentega tanpa garam
  • 2 sdt ekstrak lemon/air lemon segar
Cara Membuat Buttercream :
  1. Masak 9 putih telur dan 350 gram gula dalam panci kecil menggunakan api sedang. Kocok terus hingga gula mencair.
  2. Setelah gula mencair, pindahkan ke mangkuk lalu di mixer dengan kecepatan tinggi, hingga adonan menjadi dingin.
  3. Turunkan kecepatan mixer hingga sedang, masukkan mentega sedikit demi sedikit. Mixer terus hingga adonan tercampur rata, kira-kira 5 menit.
  4. Tahap Terakhir, tambahkan ekstrak lemon, masih menggunakan mixer aduk hingga tercampur rata.
  5. Matikan mixer, buttercream siap digunakan untuk Rainbow Cake.
Rainbow Cake bila mengikuti langkah-langkah diatas akan dihasilkan kue pelangi (Rainbow Cake) dengan rasa yang Enak dan Lezat untuk dinikmati dengan bisa dikreasikan untuk tampilan sesuai selera agar lebih istimewa. 


Rainbow Puding Cake


rainbow puding cake

Membuat sajian secantik dan semenarik ini tidaklah sulit. Hanya butuh sedikit ketelatenan dan kesabaran agar tersaji hidangan yang istimewa ini. Selain bisa Anda sajikan saat pesta kecil di rumah Anda juga bisa menjadikannya sebagai antaran untuk para tetangga saat hari istimewa seperti lebaran yang sudah di depan mata. Pasti mereka sangat menyukainnya. 

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
3 butir telur 
60 gram gula pasir 
60 gram tepung terigu protein sedang 
10 gram maizena 
15 gram susu bubuk 
65 gram margarin, dilelehkan
1/2 sendok teh pasta vanila 
Bahan Puding Rainbow:
800 ml susu cair 
2 bungkus agar-agar bubuk 
100 gram gula pasir 
6 putih telur 
3/4 sendok teh garam 
240 gram gula pasir 
1/2 sendok teh esens stroberi 
1/8 sendok teh pewarna merah cabai 
1/8 sendok teh pewarna kuning 
1/8 sendok teh pewarna oranye 
1/8 sendok teh pewarna hijau 
1/8 sendok teh pewarna biru 
1/8 sendok teh pewarna ungu 

Bahan Puding Bening:
200 ml air 
25 gram gula pasir 
1/2 sendok teh agar-agar bubuk 
1/2 sendok teh jeli bubuk 

Cara membuat:
  1. Cake, kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk perlahan.
  2. Masukkan margarin leleh dan pasta vanila sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  3. Tuang adonan ke dalam loyang bulat diameter 22 cm, tinggi 3 cm yang dioles dan di alas kertas roti.
  4. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius 25 menit hingga matang.
  5. Masukkan dalam loyang 22 cm tinggi 7 cm yang dialas plastik. Sisihkan.
  6. Rebus susu cair, agar-agar bubuk, dan gula pasir sambil diaduk sampai meletup-letup. Tambahkan esens stroberi. Aduk rata. Bagi jadi 6 bagian. Sisihkan.
  7. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  8. Tuang rebusan puding sedikit-sedikit ke dalam  kocokan putih telur sambil dikocok rata. Bagi adonan 6 bagian. Masing-masing di tambahkan pewarna merah, kuning, oranye, hijau, biru dan ungu. Aduk rata tiap adonan.
  9. Tuang puding merah di atas cake. Biarkan setengah beku. Tuang puding oranye di atasnya. Biarkan setengah beku. Lakukan sampai adonan habis, dengan urutan warna selanjutnya kuning, hijau, biru, dan ungu. Biarkan setengah beku.
  10. Puding bening, rebus air, gula pasir, agar-agar bubuk, dan jeli bubuk sampai mendidih. Tuang di atas puding busa. Bekukan.
Untuk 16 potong

Sumber : http://www.dapurbundaku.com



Resep Rainbow Cake:    
  • 100 gram tepung terigu    
  • 75 gram gula pasir    
  • 10 gram susu bubuk    
  • 100 gram mentega, dilelehkan    
  • 5 putih telur    
  • 3 kuning telur    
  • 1/4 sdt garam    
  • 1 sdt emulsifier/TBM    
  • Pewarna makanan merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu secukupnya   
Topping/Olesan Kue:   
  • Butter cream warna putih atau whip cream    
  • Meises warna warni, permen cokelat warna-warni, atau butiran hundreds and thousand untuk taburan, sesuai selera Anda.

Cara Membuat Rainbow cake:    

  1. Kocok telur, gula pasir, garam dan emulsifier sampai mengembang, matikan mixer.  
  2. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan susu bubuk yang telah diayak, aduk rata.  
  3. Tambahkan mentega cair sedikit demi sedikit, aduk rata.  
  4. Bagi adonan menjadi enam bagian dalam wadah terpisah, masih-masing beri pewarna makanan yang berbeda.  
  5. Tuang satu adonan dalam loyang bundar dengan diameter 22 cm. Olesi loyang dengan mentega tipis.
  6. Panggang selama 25 menit dengan suhu 180 derajat celsius atau sampai matang.  
  7. Lakukan hal yang sama pada adonan lain hingga enam cake matang.  
  8. Susun cake dengan warna ungu pada bagian bawah, oles dengan butter cream atau whip cream, lalu tumpuk dengan cake warna biru. Lakukan hal yang sama dengan urutan ungu, biru, hijau, kuning, jingga dan merah.
  9. Tutup semua bagian luar kue dengan dengan butter cream atau whip cream.  
  10. Taburi dengan meises warna warni, permen cokelat warna-warni atau butiran hundreds and thousand untuk taburan, sesuai selera Anda.  
  11. Rainbow cake siap dihidangkan, akan terlihat cantik saat Anda memotongnya


oya ada cuplikan cara pembuatannya juga nih...


Sumber :beritaterhangat.net

No comments:

Post a Comment